Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI IPA

Nailatul Nabila, Nailatul Nabila and Edrizon, Edrizon and Puspa, Amelia (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI IPA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
26 NAILATUL NABILA 1510013211001 Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Text
26 NAILATUL NABILA 1510013211001 Abstrak.pdf

Download (84kB)
[img] Text
26 NAILATUL NABILA 1510013211001 BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
26 NAILATUL NABILA 1510013211001 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
26 NAILATUL NABILA 1510013211001 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
26 NAILATUL NABILA 1510013211001 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
26 NAILATUL NABILA 1510013211001 BAB V.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) matematika berbasis masalah pada siswa kelas XI IPA oleh guru di sekolah dapat dikatakan belum sempurna. Dikatakan belum sempurna karena belum memenuhi syarat dari ketentuan Depdiknas, yaitu tidak adanya komponen petunjuk belajar dan informasi pendukung. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD matematika berbasis masalah pada siswa kelas XI IPA sesuai dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Depdiknas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD matematika berbasis masalah pada siswa kelas XI IPA yang valid dan praktis. Hipotesis dalam penelitian ini adalah LKPD matematika berbasis masalah pada siswa kelas XI IPA valid dan praktis digunakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D). Metode pengembangan model Plomp yang terdiri dari fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi, fase tes, evaluasi dan, revisi dan terakhir fase implementasi. Namun penelitian ini hanya sampe fase tes, evaluasi dan revisi saja. Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen Matematika. Uji coba kepraktisan dilakukan kepada 33 orang siswa kelas XI IPA SMA N 1 Bukittinggi dan 1 orang guru matematika di SMA N 1 Bukittinggi Berdasarkan hasil validasi dari ahli diperoleh hasil bahwa LKPD ini adalah valid dengan rata-rata kevalidan 87,96%. Berdasarkan angket kepraktisan dari guru diperoleh hasil rata-rata kepraktisan 89,58% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan hasil angket kepraktisan siswa di[eroleh rata-rata 86,67% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya dapat mengembangkan LKPD matematika berbasis masalah pada UNIVERSITAS BUNG HATTA ii siswa kelas XI IPA hingga fase 5, yaitu implementasi. Selain itu diharapkan peneliti juga dapat mengembangkan LKPD matematika berbasis masalah ini dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh siswa kelas XI IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Aug 2020 03:49
Last Modified: 27 May 2021 08:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item