Metode Jigsaw dalam Pengajaran Tatabahasa Bahasa Jepang Tingkat Lanjut

Dewi Kania Izmayanti (2022) Metode Jigsaw dalam Pengajaran Tatabahasa Bahasa Jepang Tingkat Lanjut. Jurnal Kependidikan. ISSN 2443-3152

[img] Text
Jurnal Kependidikan .pdf

Download (14MB)

Abstract

Penyebab rendahnya kualitas pengajaran bahasa asing di Indonesia adalah kurang penguasaan dan pengetahuan pengajar dalam metode dan model pengajaran bahasa asing. Pengajar masih terpaku pada model tradisional atau model yang mereka terima dari para pengajar sebelumnya. Untuk dapat menciptakan suatu atmosfer pembelajaran yang menyenangkan pengajar dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menemukan model dan metode pembelajaran, sehingga pemelajar merasa senang dalam mempelajari bahasa asing. Para pemelajar tidak merasa tersiksa dan terbebani dalam mempelajari bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan metode pengajaran bahasa asing yang efektif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas. Hasil penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa mengenai suatu materi meningkat, hal ini terlihat dari penyampaian presentasi dari setiap kelompok ahli, juga hasil dari evaluasi UTS, UAS serta hasil tes-tes kecil lainnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa metode jigsaw merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minta pemelajar dalam mempelajari bahasa asing. Selain itu metode jigsaw juga dapat menimbulkan rasa tanggungjawab dan kerjasama dalam diri pemelajar.Hal ini dirasakan akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari atau di dunia kerja. dengan metode ini juga meningkatkan motivasi pemelajar untuk menambah pengetahuannya mengenai materi yang akan dipelajari.

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: dewi kaniaizmayanti
Date Deposited: 21 Mar 2022 15:12
Last Modified: 21 Mar 2022 15:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8549

Actions (login required)

View Item View Item