Dewi Kania Izmayanti (2022) Metode Jigsaw dalam Pengajaran Tatabahasa Bahasa Jepang Tingkat Lanjut. Jurnal Kependidikan. ISSN 2443-3152
Text
Jurnal Kependidikan .pdf Download (14MB) |
Abstract
Penyebab rendahnya kualitas pengajaran bahasa asing di Indonesia adalah kurang penguasaan dan pengetahuan pengajar dalam metode dan model pengajaran bahasa asing. Pengajar masih terpaku pada model tradisional atau model yang mereka terima dari para pengajar sebelumnya. Untuk dapat menciptakan suatu atmosfer pembelajaran yang menyenangkan pengajar dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam menemukan model dan metode pembelajaran, sehingga pemelajar merasa senang dalam mempelajari bahasa asing. Para pemelajar tidak merasa tersiksa dan terbebani dalam mempelajari bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan metode pengajaran bahasa asing yang efektif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas. Hasil penelitian ini adalah pemahaman mahasiswa mengenai suatu materi meningkat, hal ini terlihat dari penyampaian presentasi dari setiap kelompok ahli, juga hasil dari evaluasi UTS, UAS serta hasil tes-tes kecil lainnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa metode jigsaw merupakan model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minta pemelajar dalam mempelajari bahasa asing. Selain itu metode jigsaw juga dapat menimbulkan rasa tanggungjawab dan kerjasama dalam diri pemelajar.Hal ini dirasakan akan sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari atau di dunia kerja. dengan metode ini juga meningkatkan motivasi pemelajar untuk menambah pengetahuannya mengenai materi yang akan dipelajari.
Item Type: | Article |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang |
Depositing User: | dewi kaniaizmayanti |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 15:12 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 15:12 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8549 |
Actions (login required)
View Item |