Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Pada Materi Pengukuran Sudut Siswa Kelas IV SDN 03 Bukit Tambun Tulang

Silvia, Ismarija and Rieke, Alyusfitri (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Pada Materi Pengukuran Sudut Siswa Kelas IV SDN 03 Bukit Tambun Tulang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.cover dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
iii.BAB V kesimpulan dan penutup.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (95kB)
[img] Text
iv. Full Text Skripsi Silvia Ismarija.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbentuk komik pada materi pengukuran sudut untuk siswa kelas IV SD Negeri 03 Bukit Tambun Tulang yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan metode 4-D yang telah dimodifikasi menjadi tahap define, design, and development. Instrument penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator terdiri dari 3 orang dosen ahli yaitu validator materi, bahasa dan desain. Berdasarkan bahan ajar berbentuk komik yang telah dikembangkan, validasi komik yang dilakukan dari aspek materi diperoleh persentase validitas 74,16% dengan kriteria cukup valid, dari aspek bahasa diperoleh persentase kevalidan 96,87% dengan kriteria sangat valid dan dari aspek desain diperoleh persentase kevalidan 95,83% dengan kriteria sangat valid. Dilihat dari rata-rata validitas bahan ajar berbentuk komik diperoleh persentase 89,3% dengan kriteria valid. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 20 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh persentase kepraktisan 94,37% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh dengan persentase kepraktisan 95,02% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbentuk komik memenuhi kriteria valid dan sangat praktis yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) secara mandiri. Kata Kunci : Pengembangan, bahan ajar berbentuk komik, pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:48
Last Modified: 01 Aug 2022 01:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item