PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V SDN 05 NAN SABARIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Dina, Piana and SISKA, ANGRENI (2022) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V SDN 05 NAN SABARIS KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Dina Piana i.pdf

Download (734kB)
[img] Text
Skripsi Dina Piana ii Bab Pendahuluan.pdf

Download (339kB)
[img] Text
Skripsi Dina Piana iii kesimpulan saran dan daftar pustaka.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Skripsi Dina Piana Full teks ok iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas bertanya, menjawab pertanyaan, berdiskusi, dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 05 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman dengan menggunakan model Problem Based Learning. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, guru, dan lembar tes hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, di ketahui hasil aktivitas bertanya siswa pada siklus I adalah 61,8% meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Aktivitas menjawab pertanyaan pada siklus I adalah 55,2% meningkat menjadi 80,9% pada siklus II. Aktivitas berdiskusi pada siklus I adalah 71,3% meningkat menjadi 88% pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 52,3% dengan nilai rata-rata 69,1 meningkat menjadi 76,1% dengan nilai rata-rata 78,1 pada siklus II. Dari hasil penelitian ini di simpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dapat ditingkatkan dengan model Problem Based Learning. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Problem Based Learning dengan memperhatikan waktu pelaksanaanya agar dapat berjalan efektif. Kata kunci : Ilmu Pengetahuan Alam, Model Problem Based Learning, Aktivitas dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 01:55
Last Modified: 01 Aug 2022 01:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8802

Actions (login required)

View Item View Item