PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCRAMBLE PADA TEMA 7 MATERI GAYA KELAS IV SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG

Arfa, Novia Santi and Enjoni, Enjoni (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SCRAMBLE PADA TEMA 7 MATERI GAYA KELAS IV SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (727kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (315kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis scramble pada tema 7 materi gaya kelas IV SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan Model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap develop yakni pada tahap validasi dan tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di isi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain dan lembar praktikalitas yang di isi oleh guru dan 16 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis scramble untuk kelas IV SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang termasuk kategori sangat valid. Ahli validitas yaitu ahli materi dengan nilai 3,61 sangat valid, ahli bahasa dengan nilai 3,73 sangat valid dan ahli desain dengan nilai 3,52 sangat valid dengan rata-rata validasi oleh dosen ahli 3,62 dengan kriteria sangat valid. Modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata 91,45% dengan kriteria sangat praktis dan peserta didik dengan rata-rata 93,82% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis scramble yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:07
Last Modified: 01 Aug 2022 02:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8819

Actions (login required)

View Item View Item