PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA 7 MATERI GAYA KELAS IV SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG

Nadira, Safitri and Enjoni, Enjoni (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA 7 MATERI GAYA KELAS IV SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN, DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Contextual Teaching And Learning pada tema 7 materi gaya Kelas IV SDN 32 Bungo Pasang Kota Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yaitu define, design, dan develop dan disseminate. Namun keterbatasan waktu, maka peneliti hanya sampai pada tahap development (3-D).Validasi dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, validator aspek bahasa dan validator aspek desain. Praktikalitas dilakukan oleh 1 orang pendidik dan 13 peserta didik kelas IV SD. Data untuk validasi diperoleh dari hasil analisis validasi aspek materi 3,60 dengan kriteria sangat valid, aspek bahasa 3,73 dengan kriteria sangat valid, dan aspek desain 3,61 sangat valid, dengan rata-rata keseluruhan nilai validasi diperoleh sebesar 3,64 dengan kriteria sangat valid. Analisis data praktikalitas dari pendidik diperoleh sebesar 90,62% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas peserta didik diperoleh sebesar 95,39% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata hasil praktikalitas pendidik dan peserta didik adalah 93,00% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Contextual Teaching And Learning sudah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar atau bahan ajar untuk peserta didik maupun pendidik. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Contextual Teaching And Learning dengan materi yang lainnya dan diharapkan peserta didik dapat berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan memperoleh pengetahuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 06:08
Last Modified: 01 Aug 2022 06:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item