Julia, Karlina and Dra. Pebriyenni, M.Si, Pebriyenni (2022) Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Pengembangan Sikap Nasionalisme Terhadap Siswa di MAN 1 Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
UPLOAD 1.docx OK.pdf 2.pdf Download (522kB) |
|
Text
UPLOAD 2.docx OK.pdf Download (116kB) |
|
Text
UPLOAD 3.docx OK.pdf Download (48kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI JULIA REPOSITORI.docx AMANKAN WORD.docx OK.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGEMBANGAN SIKAP NASIONALISME TERHADAP SISWA DI MAN 1 PASAMAN BARAT Julia Karlina1, Pebriyenni1 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: Juliakarlina837@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam pengembangan sikap nasionalisme terhadap siswa MAN 1 Pasaman Barat. Jenis penelitian pada penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Populasi pada penelitian ini adalah seluruh guru yang membina mata pelajaran PPKn di sekolah MAN 1 Pasaman barat pada tahun ajaran 2021/2022, Untuk kebutuhan informasi dalam penelitian ini diperlukan beberapa orang informan sebagai pihak triangulator yaitu: wakil kurikulum, wakil kesiswaan, pembina osis dan 86 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling yang terdiri dari 10% dari jumlah seluruh jumlah siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles & Huberman yang meliputi langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) peran guru sebagai demonstrator guru melakukan 1) guru mendemonstrasikan kehkasan yang terdapat di Nagari setempat 2) mendorong siswa untuk menjaga lingkungan dengan membiasakan membawa tumbler 3) membiasakan sikap peduli dan rela berkorban dalam kelas 4) mengenalkan budaya setempat 5) menceritakan sejarah pahlawan 6) membuat aturan yang harus dipatuhi bersama (b) upaya guru dalam mengelola kelas dengan cara 1) membiasakan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai pembelajaran 2) menggunakan metode diskusi 3) menggunakan nama-nama pahlawan dalam kelompok diskusi (c) upaya guru sebagai mediator atau fasilitator dengan cara 1) memberikan video contoh pengamalan pancasila dalam kehidupan sehari-hari 2) mendampingi siswa saat kegiatan upacara 3) melibatkan siswa dalam kegiatan peduli lingkungan 4) melibatkan siswa dalam kegiatan peduli sosial 5) membuat peraturan untuk disepakati bersama. Kata Kunci: Peran guru PPKn, Sikap Nasionalisme, Cinta Tanah Air THE ROLE OF PANCASILA EDUCATION TEACHERS AND CITIZENS IN THE DEVELOPMENT OF NATIONALISM ATTITUDES TO STUDENTS AT MAN 1 PASAMAN BARAT Julia Karlina1, Pebriyenni1 Study Program of Pancasila and Citizenship Education Department of Social Sciences Education Faculty of Teacher Training and Education , Bung Hatta University E-mail: Juliakarlina837@gmail.com Abstract This study aims to determine the role of teachers in learning Pancasila and Citizenship Education in developing nationalist attitudes towards students of MAN 1 Pasaman Barat. The type of research in this study is qualitative with a descriptive approach. The population in this study are all teachers who develop Civics subjects at the MAN 1 Pasaman Barat school in the 2021/2022 academic year. For information needs in this study, several informants are needed as triangulators, namely: Curriculum representatives, student representatives, student council supervisors and 86 students were selected using the Random Sampling consisting of 10% of the total number of students. Data collection techniques used questionnaires, interviews and documentation.data analysis technique uses data & Huberman Mileswhich includes the following steps: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that: a) the teacher's role as a teacher demonstrator was 1) the teacher demonstrated the uniqueness found in the local Nagari 2) encouraged students to protect the environment by getting used to carrying a tumbler 3) getting used to caring and willing to sacrifice in class 4) introducing local culture 5 ) tells the history of heroes 6) makes rules that must be obeyed together (b) the teacher's efforts in managing the class by 1) getting used to singing the Indonesia Raya song before starting learning 2) using the discussion method 3) using the names of heroes in discussion groups (c) the teacher's efforts as a mediator or facilitator by 1) providing video examples of the practice of Pancasila in everyday life 2) accompanying students during ceremonial activities 3) involving students in environmental care activities 4) involving students in social care activities 5) making rules to be mutually agreed upon . Keywords: The role of PPKn teachers, Attitude of Nationalism, Love for the Homeland
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | PPKn FKIP |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 01:55 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 01:55 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9383 |
Actions (login required)
View Item |