PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN CABRI 3D MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PADANG

Rosanti, Cempaka Dewi and Khairudin, Khairudin (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN CABRI 3D MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover- Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB Pendahuluan.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Kesimpulan.pdf

Download (129kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbantuan Cabri 3D materi kubus dan balok yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Analysis, pada tahap ini dilakukan analisis saranadan prasarana sekolah, analisis proses pembelajaran dan analisis penggunaan media pembelajaran. Design, tahap ini untuk merancang produk yang akan dikembangkan. Development, tahap ini untuk menentukan kevalidan produkyangdikembangkan sehingga layak untuk di uji cobakan. Modul ini dinilai oleh ahli materi dan ahli media. Validasi ahli materi menilai aspek materi, isi materi, bahasa, teknik penyajian, dan tampilan sedangkan validasi ahli media menilai aspek kegrafikkan dan desain isi modul. Validasi ahli media menilai aspek kegrafikkan dan desain isi materi. Implementation, tahap ini untuk uji coba produk yang telah dikembangkan kepada guru matematika dan siswa kelas VIII. Guru dan siswa menilai aspek petunjuk, tujuan, materi, bahasa, kegrafikkan dan manfaat. Evaluation, tahap ini merupakan tahap terakhir terhadap produk yang dikembangkan berupa komentar atau saran dari angket respon guru dan angket respon siswa. Apabila tanggapan guru dan siswa positif terhadap modul pembelajaran maka modul layak digunakan. Uji coba produk di SMP Negeri 10 Padang. Adapun subjek penelitian ini adalah satu orang guru matematika kelas VIII dan tiga orang siswa kelas VIII.1. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh bahwa modul dinyatakan valid dengan kriteria “sangat valid” dari ahli materi sebesar 94,64% dan kriteria “valid” dari ahli media sebesar 77,78%. Modul dinyatakan praktis dengan kriteria “sangat praktis” dari guru matematika kelas VIII sebesar 87,50%dan kriteria “sangat praktis” dari siswa kelas VIII.1 sebesar 87,50%. Sehingga modul yang dikembangkan sudah layak digunakan untuk proses pembelajaran. Kata Kunci : modul, Cabri 3D, kubus dan balok, model ADDIE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 01:30
Last Modified: 05 Aug 2022 01:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9385

Actions (login required)

View Item View Item