Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Kinemaster Terhadap Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Payakumbuh

Alfayet, Difty and Wahyuni, Yusri (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Kinemaster Terhadap Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI DIFTY ALFAYET COVER.pdf

Download (374kB)
[img] Text
SKRIPSI DIFTY ALFAYET PENDAHULUAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
SKRIPSI DIFTY ALFAYET DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB)
[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI DIFTY ALFAYET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Sebagai pengembangan sains (basic of science) matematika memiliki peran yang penting dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi video pembelajaran banyak digunakan sebagai media pembelajaran. Bedasarkan hal tersebut maka dibutuhkan media pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi kinemaster terhadap siswa kelas X. Tujuan dari penelitian ini menghasil produk video pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid dan praktis. Video pembelajaran ini dapat diakses di youtube dengan channel youtube “Yuk Belajar”. Pada penelitian ini menggunakan prosedur Borg and Gall. Hasil dari penelitian ini diperoleh dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa terhadap video pembelajaran. Hasil analisis validasi materi memperoleh persentase sebesar 80% dengan kategori “valid”, sedangkan hasil validasi media meperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori “sangat valid”. Bedasarkan hasil uji coba produk respon guru memperoleh persentase sebesar 91,67% dengan kategori “sangat praktis”, dan respon dari siswa memperoleh persentase sebesar 87% dengan kategori “praktis”. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan pendekatan realistik layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 03:41
Last Modified: 05 Aug 2022 03:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9486

Actions (login required)

View Item View Item