PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MODEL BERBASIS JIGSAW TEMA 2 BERHEMAT ENERGI PADA SISWA KELAS IV SDN 01 LUNANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Yullia, Alma Fauziah and Dr.Wirnita, Eska (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MODEL BERBASIS JIGSAW TEMA 2 BERHEMAT ENERGI PADA SISWA KELAS IV SDN 01 LUNANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
i SKRIPSI YULLIA.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB I YULIA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB V YULIA.pdf

Download (14kB)
[img] Text
iv SKRIPSI YULLIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya modul, bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku paket sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Tujuan penelitian mengembangkan modul berbasis Jigsaw pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 01 Lunang yaitu agar siswa termotivasi untuk lebih semangat dalam membaca dan menulis, bertanya dan berdiskusi. Teori yang digunakan yaitu teori dari Susanto (2016) dan pembelajaran Bahasa Indonesia, Suprijono (2012) Cooperatif Learning Jigsaw, Daryanto (2013) dan Susanto (2016) modul pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trian (2014) dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan development (pengembangan), karena keterbatasan waktu dan kemampuan maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D), (1) Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, (2) uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV SD, dan (3) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validitas dengan nilai rata-rata (90,21%). Modul yang dikembangkan dan dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh siswa (91,92) dan guru dengan rata-rata (93,8) .Hasil penelitian pada uji efektifitas dikategorikan sangat efektifitas atau Tinggi dengan nilai rata-rata (93,58%).Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa modul berbasis Jigsaw pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN 01 Lunang dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:58
Last Modified: 08 Aug 2022 08:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9504

Actions (login required)

View Item View Item