PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA 4 MATERI DONGENG UNTUK KELAS IV SDN 23 AMPALU PAGAMBIRAN KOTA PADANG

Astri, Zakia Rahmanda and Yetty, Morelent (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA 4 MATERI DONGENG UNTUK KELAS IV SDN 23 AMPALU PAGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. Cover dll.pdf

Download (892kB)
[img] Text
ii. Bab Pendahuluan.pdf

Download (390kB)
[img] Text
iii. Bab Kesimpulan.pdf

Download (165kB)
[img] Text
iv. Full Teks Skripsi Astri Zakia Rahmanda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning pada tema 4 materi dongeng untuk siswa kelas IV.B SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang yang valid, praktis, dan efektif. Teori utama yang digunakan adalah Hidayah (2015) pembelajaran Bahasa Indonesia, Daryanto (2013) modul, Trianto (2009) pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian (R & D) berdasarkan teori Trianto (2015) tahapan pengembangan 4-D yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap development (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Validator angket validitas dilakukan oleh 3 dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas IV.B SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang. Sebelumnya produk dilakukan uji coba skala terbatas dan skala kecil pada siswa kelas IV.B SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang. Prosedur pengembangan modul dilakukan dengan 4 tahap yaitu, define (pendefinisian), pada tahap ini peneliti menganalisis kurikulum, kebutuhan peserta didik, analisis siswa, dan analisis konsep, kemudian tahap design (perancangan), yaitu menyusun materi, penyusunan modul, dan menyusun desain modul, tahap selanjutnya development (pengembangan) yaitu uji validitas, revisi awal, uji praktikalitas, dan uji efektifitas, dan tahap terakhir yaitu dissiminate (penyebaran), peneliti melakukan penyebaran secara terbatas kepada guru dan siswa kelas IV.B SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (94%) baik dari materi (95,83%), aspek bahasa (95,45%), dan aspek desain (91,66%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata (95%), serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (95,9%). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan sangat efektif dengan rata-rata (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Contextual Teaching and Learning untuk siswa kelas IV.B SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis, dan efektif sehingga sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesa di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul, Pengembangan, Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 02:52
Last Modified: 07 Aug 2022 02:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9589

Actions (login required)

View Item View Item