Sonya, Supoyo and Yulfia, Nora, S.Pd., M.Pd (2022) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 36 GUNUNG SARIK PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI.pdf Download (822kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (294kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
|
Text
FULL TEXS-1.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada tingkat pemahaman (C2) dan rendahnya kemampuan kerjasama siswa (A2) pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman dan kemampuan kerjasama siswa pada pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 36 Gunung Sarik Padang. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan observasi yang diperoleh dari hasil pengamatan melakukan tes pembelajaran dan kegiatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) hasil belajar ranah kognitif siswa meningkat dari siklus I 65,38% menjadi 80,77% pada siklus II, 2) hasil belajar ranah afektif siswa dari 61,54% pada siklus I meningkat menjadi 76,92%pada siklus II, 3) hasil observasi kegiatan guru dari 73,21% pada siklus I meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadinya peningkatan hasil pembelajaran IPS siswa kelas V dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil pembelajaran IPS pada ranah kognitif dan ranah afektif tersebut disebabkan dengan menggunakan model problem based learning. Kata kunci: Hasil Pembelajaran IPS, Model PBL
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 07 Aug 2022 05:06 |
Last Modified: | 07 Aug 2022 05:07 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9625 |
Actions (login required)
View Item |