PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DEMONSTRASI PADA MATERI PANTUN KELAS V SDN 35 PEGAMBIRAN KOTA PADANG

Rian, Hidayah and Dr.Wirnita, Eska (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS DEMONSTRASI PADA MATERI PANTUN KELAS V SDN 35 PEGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Abstrak, Daftar Isi 1.pdf

Download (587kB)
[img] Text
2 Pendahuluan.pdf

Download (309kB)
[img] Text
Kesimpulan, Daftar Rujukan 3.pdf

Download (309kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kesulitan dalam memahami materi yang ada dalam buku tema dan LKS, belum tersedianya modul berbasis Demonstrasi dan kurangnya minat siswa dalam menggunakan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan modul pada mata pelajaran bahasa Indonesia berbasis Demonstrasi pada siswa kelas V SDN 35 Pegambiran Kota Padang yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran bahasa Indonesia sekolah dasar menurut Susanto (2013), modul menurut Daryanto (2013), model pengembangan menurut Trianto (2014) dan metode demonstrasi menurut Shoimin (2016), . Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu define, design, dan develop. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen ahli, dengan mendapatkan nilai rata-rata 87,07% dengan kriteria valid. Penelitian ini dilakukan di SDN 35 Pegambiran pada siswa kelas VB yang berjumlah 26 siswa dan 1 orang guru. Hasil uji praktikalitas guru 86% dikategorikan sangat efektif dan siswa 90,04% dikategorikan sangat praktis. Hasil uji efektivitas skala kecil dan skala terbatas dikategorikan sangat efektif dengan rata-rata nilai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Demonstrasi telah valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 04:01
Last Modified: 07 Aug 2022 04:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9627

Actions (login required)

View Item View Item