Pemgembangan E-learning yang Memuat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Web Di Sekolah Menengah Atas

Rahmat Hidayat, Rahmat and Dr.Karmila Suryani,M.Kom, Karmila (2022) Pemgembangan E-learning yang Memuat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Web Di Sekolah Menengah Atas. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover.pdf

Download (488kB)
[img] Text
Bab 1 pendahuluan.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Skripsi RahmatH+THAMPLATE ubh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK RAHMAT HIDAYAT,2022. PENGEMBANGAN E-LEARNING YANG MEMUAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Penelitian ini bertujuan agar aplikasi E-learning yang memuat evaluasi pembelajaran berbasis web di sekolah menengah atas yang dikembangkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran online yang valid dan praktis. Dengan adanya aplikasi E-learning yang memuat evaluasi pembelajaran berbasis web ini guru dapat dengan mudah melaksanakan pembelajaran online dan mengevaluasi siswa melalui web browser menggunakan aplikasi yang dikembangkan sehingga siswa dapat menakses materi, mengerjakan tugas dan melakukan ujian yang diberikan oleh guru yang bersifat teori. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model pengembangan (Research & Development). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur pengembangan 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu define, design, develop, disseminate. Alat bantu dalam pengembangan yaitu use case diagram dan activity diagram yang meliputi admin, guru dan siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli media dan lembar praktikalitas yaitu angket siswa. Pada proses validasi, aplikasi di validasi oleh 1 orang ahli media. Pada proses praktikalitas, aplikasi diuji cobakan oleh 30 orang siswa. berdasarkan hasil penelitian, pengembangan aplikasi E-learning yang memuat evaluasi pembelajaran berbasis web pada siswa kelas XII IPS 3 di SMA Negeri 6 Padang dihasilkan aplikasi yang memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 94% yaitu ahli memperoleh nilai 94%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 81%. Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi E-learning yang memuat evaluasi pembelajaran berbasis web di sekolah menengah atas sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk diterapkan sebagai alat pembelajaran dan evaluasi secara online siswa. Kata kunci: aplikasi e-learning, evaluasi, computer based test, ujian online, web

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:44
Last Modified: 08 Aug 2022 01:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9711

Actions (login required)

View Item View Item