PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS SAINTIFIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI KELAS IV SDN 16 SURAU GADANG PADANG

Yessy, Efrita and Hidayati, Azkiya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR BERBASIS SAINTIFIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI PUISI KELAS IV SDN 16 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER(5) yessy.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (366kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian inisiswa kurang antusias atau semangat belajar dalam memahami pembelajaran Bahasa Indonesia , penelitian ini menghasilkan media buku Bergambar Berbasis saintifik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Surau Gadang Padang yang valid, praktis, dan efektif.Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan(Research and Deveopment) berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Sugiyono (2013), dengan model penelitian yaitu 3-D yaitu define, design, develop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Susanto (2013:18-19) tentang pembelajaran, teori Khair (2018:84) tentang Bahasa Indonesia, teori Suhendra (2015) tentang menulios, teori Rusman (2012:42) tentang pembelajaran media, teori Daryanto (2014) tentang pendekatan saintifik, dan teori Suhendra (2015) tentang menulis puisi. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi yang di validasi 3 orang dosen dan lembar praktikalitas 1 orang guru dan dan 27 orang siswa skala kecil kelas IV SD Negeri 16 Surau Gadang Padang, lembar soal pre-test dan soal post-test uji keefektifan oleh 27 siswa kelas IV di SD Negeri 16 Surau Gadang Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan sangat valid oleh validator aspek kelayakan isi (90%), valid oleh validator aspek penyajian dan tampilan (80%), dan sangat valid oleh aspek bahasa (95%). Media yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata presentase (85%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata presentase (95%). Hasil Penelitian pada uji efektivitas dikategorikan (83%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Pengembangan Media buku Bergambar Berbasis saintifik pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 16 Surau Gadang yang dihasilkan sangat valid, sangat praktis dan efektif sehingga sudah bisa digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci: buku bergambar pembelajaran, Bahasa Indonesia, pendekatan saintifik, valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 03:04
Last Modified: 08 Aug 2022 03:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9726

Actions (login required)

View Item View Item