PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MIND MAPPING PADA TEMA 8 MATERI CERITA FIKSI UNTUK SISWA KELAS IVSDN 23 AMPALU PAGAMBIRAN KOTA PADANG

Nia, Indah Melani and Yetty, Morelent (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS MIND MAPPING PADA TEMA 8 MATERI CERITA FIKSI UNTUK SISWA KELAS IVSDN 23 AMPALU PAGAMBIRAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.pdf cover.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ii.pdf pendahuluan.pdf

Download (291kB)
[img] Text
iii.bab kesimpulan pdf.pdf

Download (159kB)
[img] Text
iv. ful teks pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbentuk modul pembelajaran pada tema 8 materi cerita fiksi untuk siswa kelas IV SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang yang valid, praktis dan efektif. Teori utama yang digunakan pada peneltian ini adalah Pembelajaran Bahasa Indonsia Trianto (2009), modul pembelajaran Daryanto, (2013), pendekatan Mind Mapping Istarani, (2011), prosedur pengembangan Trianto,(2009). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Reseach and Development (R&D) metode 4-D yaitu define (defenisi), design (rancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini meliputi lembar angket validasi yang divalidasi oleh 3 orang validator dan lembar praktikalitas 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas IV.A SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang, untuk uji efektivitas merupakan hasil tes siswa kelas IV SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,5%) baik dari materi (86,45%), aspek bahasa (95,45%), dan aspek desain (96,66%). Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata (95%), serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (94,12%). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan sangat praktis dengan rata-rata (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Mind Mapping untuk siswa kelas IV SD Negeri 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang yang telah dihasilkan sangat valid, sangat praktis, dan sudah efektif sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesa di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul, Pengembangan, Mind Mapping, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:40
Last Modified: 08 Aug 2022 06:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9743

Actions (login required)

View Item View Item