PENGEMBANGAN MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN KOMPUTER BERBASIS STEM DI PERGURUAN TINGGI.

Rani Sulastri, Rani and Karmila, Suryani (2022) PENGEMBANGAN MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN KOMPUTER BERBASIS STEM DI PERGURUAN TINGGI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rani Sulastri, 2022. PENGEMBANGAN MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN KOMPUTER BERBASIS STEM DI PERGURUAN TINGGI. Pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Komputer perlu adanya pengembangan dan inovasi dalam proses pembelajaran salah satunya pengembangan bahan ajar. Pada mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Komputer memiliki beberapa permasalahan seperti modul yang digunakan belum disesuaikan berdasarkan RPS, biaya yang terlalu besar dalam pengadaan bahan ajar dengan referensi yang banyak dan belum adanya modul pembelajaran yang berbasis STEM. Dengan Pengembangan Modul berbasis STEM pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Komputer ini diharapkan dapat membantu dan memberikan kemudahan dalam kegiatan perkuliahan serta menghasilkan modul yang valid dan praktis untuk digunakan. Model penelitian yang digunakan peneliti adalah model pengembangan (Research & Development). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur pengembangan Sugiyono (2016:297) 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu define, design, develop, disseminate. Namun pada penelitian ini hanya 3-D yaitu define, design, dan develop. Pengembangan modul ini menggunakan aplikasi Corel draw dan Ms Word. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli media dan ahli materi, angket praktikalitas yaitu angket mahasiswa. Hasil uji validasi, oleh ahli media sebesar 94% dan ahli materi 87,5% dinyatakan sangat valid. Kemudian, hasil uji praktikalitas diperoleh dari hasil analisis angket menggunakan uji validitas item tes dan uji reliabilitas dengan nilai praktikalitas sebesar 88.4 % dinyatakan sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul evaluasi pembelajaran komputer berbasis STEM di perguruan tinggi khususnya pada PTIK UBH sangat valid dan sangat praktis serta layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci : Modul, Evaluasi Pembelajaran Komputer, STEM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:19
Last Modified: 08 Aug 2022 06:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9744

Actions (login required)

View Item View Item