PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 PERISTIWA ALAM MENGGUNAKAN METODE GILLINGHAM PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 04 SUNGAI ANTUAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

M, Zakhi and Sofiani, Sofiani (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 PERISTIWA ALAM MENGGUNAKAN METODE GILLINGHAM PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 04 SUNGAI ANTUAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
UPLOAD I.pdf

Download (271kB)
[img] Text
UPLOAD II.pdf

Download (182kB)
[img] Text
UPLOAD III.pdf

Download (99kB)
[img] Text
UPLOAD IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sering terjadi penulisan kata dan huruf yang masih belum benar. Kesulitan siswa tersebut disebabkan karena kurangnya arahan guru terhadap apa yang akan ditulis siswa serta guru belum menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis permulaan pada pembelajaran tema 8 peristiwa alam menggunakan metode gillingham pada siswa kelas I SD Negeri 04 Sungai Antuan Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelasdengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas I yang berjumlah 22 orang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode gillingham dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan di kelas I SD. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I dengan persentase 72% meningkat menjadi 94% pada siklus II dan dari aspek siswa pada siklus I dengan persentase 64% meningkat menjadi 92% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan menulis narasi pada tahap prapenulisan siklus I adalah 68 meningkat menjadi 88 pada siklus II, pada tahap penulisan siklus I dari nilai 67 meningkat menjadi 89 pada siklus II, dan pada tahap pascapenulisan siklus I dari nilai 71 meningkat menjadi 87 pada siklus II. Dengan menggunakan metode gillingham dapat meningkatkan hasil menulis permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Aug 2022 06:58
Last Modified: 08 Aug 2022 06:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9757

Actions (login required)

View Item View Item