Sucia Indah, Sri Nurhidayah and Rinaldi, Rio (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI DONGENG BAGI KELAS IV SDN 08 SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, PGSD.
Text
couver fix.pdf Download (526kB) |
|
Text
pendahuluan fix.pdf Download (225kB) |
|
Text
kesimpulan fix.pdf Download (429kB) |
|
Text
skiripsi fix.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran bahasa Indonesia materi dongeng berbasis contextual teaching and learning. Teori yang dipakai sebagai acauan adalah teori modul pembelajaran oleh Daryanto (2013:9), Pendapat Trianto Pembelajaran (2009:17), pendapat contextual teaching and learning oleh Trianto (2009:107), pendapat Priyono (Ardini,2006:9) untuk kelas IV SDN 08 sungai limau kabupaten padang pariaman yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) dengan tipe 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya sampai 3-D yaitu define, design dan development karena keterbatasnnya waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis contextual teaching and learning dengan materi dongeng yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas, lembar pkatikalitas dan lembar efektivitas. Penelitian ini dilakukan berdasarkan uji coba skala terbatas dan skala kecil. Proses validasi modul divalidasi oleh 3 orang dosen ahli materi, ahli desain dan ahli bahasa, pada proses uji praktikalitas modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis model contextual teaching and learning di ujicobakan 1 orang guru kelas IV dan 20 siswa kelas IV. Setelah di uji praktikalitas nya siswa diberi soal pre test dan post tes. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis contextual teaching and learning yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 93,21%. Pengembangan modul pembelajaran bahasa indonesia berbasis contextual teaching and learning yang memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 93,82%. Pada uji efektivitas modul skala terbatas memenuhi kriteria tinggi yaitu 0,72 dan pada uji coba skala kecil memenuhi kriteria cukup yaitu 0,66. Maka disimpulkan modul pembelajaran bahasa Indonesia berbasis contextual teaching and learning sangat valid, sangat praktis dan efektiv digunakan siswa kelas IV dalam pelaksanaan pembelajaran di SD. Kata kunci : pengembangan, modul, contextual teaching and learning, dongeng.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 01:14 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 01:14 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9822 |
Actions (login required)
View Item |