PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK KELAS IV SDN 23 AMPALU KOTA PADANG

Danty, Fajryati and Marsis, Marsis (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK KELAS IV SDN 23 AMPALU KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. cover dll.pdf

Download (489kB)
[img] Text
ii. Bab Pendahuluan.pdf

Download (317kB)
[img] Text
iii. Bab Kesimpulan.pdf

Download (409kB)
[img] Text
iv. Full Teks Skripsi Danty Fajryati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Penggunaan Buku dan Lembar Kerja Siswa belum optimal, Siswa merasa bosan saat membaca teks panjang yang terdapat pada buku panduan guru dan Lembar Kerja Siswa, Tujuan penelitian menghasilkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik pada materi Cerita Pendek (cerpen). Teori yang digunakan yaitu teori Susanto (2013:85) tentang Pendidikan, teori Trianto (2009:19) tentang pembelajaran, teori Tarsinih (2018:71) tentang cerita pendek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model prosedur 4D yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Karena keterbatasan waktu, maka penelitian hanya sampai pada fase development (3D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,66%). baik dari aspek kelayakan isi (94%) aspek kelayakan materi (92,70%) aspek kelayakan Tampilan (93,33%) dan aspek bahasa (95,45). Hasil penelitian pada uji praktikalitas dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata nilai 95%, Serta dinyatakan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata nilai (91,56%). Hasil penelitian pada uji efektifitas skala terbatas dikategorikan sangat efektif dengan rata-rata persentase (94%), pada uji skala kecil diperoleh nilai dengan persentase (92,5 %) dengan kategori sangat efektif, hasil tes yang dicapai oleh siswa sudah melebihi KKM yaitu (75%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Saintifik untuk siswa kelas IV SDN 23 Ampalu Kota Padang dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Saintifik, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:43
Last Modified: 09 Aug 2022 06:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9938

Actions (login required)

View Item View Item