PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKA-TEKI SILANG UNTUK KELAS IV SDN 23 AMPALU PAGAMBRAN PADANG

Novia, Zasmita and Sayuti, Sayuti (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKA-TEKI SILANG UNTUK KELAS IV SDN 23 AMPALU PAGAMBRAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. cover dll.pdf

Download (806kB)
[img] Text
ii. bab pendahuluan.pdf

Download (325kB)
[img] Text
iii. bab kesimpulan.pdf

Download (193kB)
[img] Text
iv. full teks skipsi Novia Zasmita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teka-teki silangpada materi tentang dongeng kelas IV SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota Padang yang valid, praktis dan efektif. Teori Utama yang digunakan pada penelitian ini adalah tentang Pengertian Belajar Susanto (2013), tentang modul pembelajaran Daryanto, (2013), tentang pengertian Teka-teki Silang Khalilullah (2012), tentang prosedur pengembangan Trianto, (2009). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang ditemukan oleh Trianto dengan model prosedur 4-D. Tahap penelitian ini terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), defelopment (pengembangan) dan tahap disseminate (penyebaran). Model penelitian yang digunakanadalah model pengembangan 3-D hanya sampai development (3-D).Hal ini dikarenakan keterbatasan kemampuan.Validasi dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN 23 Ampalu Pagambiran Kota padang. Metodologi penelitan ini adalah gabunagan metode kualitatif dan metode kuantitatif yang saling mempekuat untuk mendapatkan data yang valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul yang dihasilkan menurut validator termasuk kategori sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,03%) baik dari materi (88,54%), aspek bahasa (97,72%), dan aspek desain (90,27%). Modul yang telah dikembangkan dan dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata (93,1%). Serta dikategorikan cukup praktis oleh siswa, skala terbatas dengan rata-rata nilai 94% dan oleh siswa skala kecil dengan rata-rata 93%. Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan sangat efektif dikarenakan hasil tes yang dicapai oleh siswa sudah melebihi Kriteria Kentusan Minimal (KKM) yaitu 100%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Teka-teki Silang untuk siswa kelas IV SDN 23 Ampalu Pagambiran Padang dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk menigkatkan hasil belajar siswa yang digunakan untuk proses pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV. Kata kunci: modul, pengembangan, teka-teki, pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:48
Last Modified: 09 Aug 2022 06:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9943

Actions (login required)

View Item View Item