Rafizuhdi, Irsha and Yofiza, Media (2022) PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN TERHADAP PERJANJIAN KREDIT MOBIL DENGAN PERUSAHAAN LEASING (STUDI KASUS BPSK KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER, PENGESAHAN, PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAN DAFTAR ISI.pdf Download (364kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (140kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN.pdf Download (368kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) |
|
Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi dalam perjanjian antara leasing dengan konsumen adalah wanprestasi. Wanprestasi yang terjadi dapat menyebabkan persengketaan antara kedua pihak. Dalam pasal 49 Undang-Undang Perlindungan Konsumen, BPSK selaku lembaga yang membantu menangani sengketa antara konsumen dan pelaku usaha diluar pengadilan. Rumusan masalah 1) Untuk mengetahui tanggung jawab perusahaan leasing dalam penyelesaian sengketa konsumen terhadap perjanjian kredit mobil. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan penyelesaian sengketa konsumen terhadap perjanjian kredit mobil dengan perusahaan leasing. Jenis penelitian adalah hukum sosiologis, sumber data adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara dan studi dokumen. Data dianalisa secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) Tanggung jawab perusahaan leasing dalam penyelesaian sengketa dengan konsumen adalah melihat kembali ke perjanjian awal yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. 2) Pelaksanaan penyelesaian sengketa antara konsumen dengan leasing diselesaikan dengan cara konsiliasi. Kata Kunci : Konsumen, Leasing, Wanprestasi, BPSK
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hukum FH |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 07:30 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 07:30 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9957 |
Actions (login required)
View Item |