PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Wardah, Afifah Mutia and Hamdi, Mukhlizul (2022) PENGARUH PROFITABILITAS TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak dan Daftar Isi.pdf

Download (806kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (479kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Agresivitas pajak merupakan kegiatan perencanaan pajak yang dilakukan oleh perusahaan dalam usaha mengurangi tingkat pajak yang efektif. Tindakan agresivitas pajak dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara illegal (tax evasion) dan secara legal (tax avoidance). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris pengaruh profitabilitas dengan proksi Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE) dan Return On Sale (ROS) terhadap agresivitas pajak dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai pemoderasi. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 20 sampel perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2020. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa annual report perusahaan yang diambil dari www.idx.co.id. Uji hipotesis yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profiitabilitas dengan proksi Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak sedangkan profitabilitas proksi Return On Sale (ROS) berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak. CSR tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak. CSR terbukti tidak mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dengan proksi ROA, ROE dan ROS terhadap agresivitas pajak. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan umur perusahaan, ukuran perusahaan dan leverage sebagai variabel kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:19
Last Modified: 10 Aug 2022 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10132

Actions (login required)

View Item View Item