PENGENDALIAN MATERIAL SISA PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PADANG)

herman, herman and Carlo, Nasfryzal and Wahyudi, P. Utama (2022) PENGENDALIAN MATERIAL SISA PADA PROYEK KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG (STUDI KASUS PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PADANG). Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover & Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Daftar Pustaka.pdf

Download (133kB)
[img] Text
FULL TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Material merupakan salah satu komponen utama dalam pembangunan infrastruktur. Proyek dikatakan berhasil apabalia pengerjaannya selesai tepat waktu dan sesuai dengan anggaran biaya yang telah direncanakan. Namun pada setiap pelaksanaan proyek konstruksi bangunan, kemunculan sisa material tidak bisa dihindari. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk membahas mengenai jenis sisa material (waste), faktor penyebab terjadinya sisa material (waste) serta cara untuk menangani / meminimalisir terjadinya sisa material (waste). Populasi penelitian ini adalah proyek konstruksi bangunan gedung Kampus UNIVERSITAS ISLAM NEGERI III Imam Bonjol Padang. Pengambilan sampel pada populasi dilaukan dengan metoda Slovin. Untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa kuesioner yang dibagikan kepada 77 responden. Proeses pengolahan data penelitian ini menggunakan metode Konkordansi Kendall’s W dimana bertujuan untuk mengatahui keselarasan responden dalam melakukan penilaian. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa, untuk jenis matrial yang dominan menjadi waste yaitu kayu bekisting, pasir dan koral. Faktor utama yang menyebabkan terjadinya waste material tersebut adalah sisa pemotongan yang tidak dapat digunakan kembali. Selain itu, perubahan desain dan kurangnya perencanaan estimasi kebutuhan matrial juga menyebabkan terjadinya waste material. Untuk tindakan pencegahan agar dapat meminimalisir/ mengurangi jumlah waste material dapat dilakukan dengan merencanakan pemesanan material sesuai dengan kebutuhan, meningkatkan kesadaran pekerja dalam penanganan material serta merencanakan pemotongan material dengan baik. Kata kunci : waste material, proyek konstruksi, manajemen konstruksi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Teknik Sipil Magister
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:57
Last Modified: 12 Aug 2022 03:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10399

Actions (login required)

View Item View Item