STUDI EXPERIMENTAL PENAMBAHAN LIMBAH PERTANIAN “ABU SEKAM PADI” DENGAN PROPORSI CAMPURAN YANG BERVARIASI PADA UJI KUAT TEKAN BETON

Miftahul, Ramadhan Wahyu S and Hendri, Warman and Rini, Mulyani (2018) STUDI EXPERIMENTAL PENAMBAHAN LIMBAH PERTANIAN “ABU SEKAM PADI” DENGAN PROPORSI CAMPURAN YANG BERVARIASI PADA UJI KUAT TEKAN BETON. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (792kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
LAMPIRAN PENGUJIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Semen merupakan bahan utama pembentuk beton, namun penggunaan semen yang berlebih dapat membahayakan lingkungan karena proses produksi semen menghasilkan emisi CO2 yang cukup besar. Untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan yang terjadi diperlukan langkah – langkah pemanfaatan limbah pertanian khususnya limbah pembakaran sekam padi. Abu Sekam Padi yang dihasilkan dari pembakaran sekam padi mempunyai kandungan silika yang dominan yaitu sebesar 94% dan berpotensi sebagai bahan baku produk berbasis silika dan sangat berpengaruh terhadap semen. Abu Sekam Padi digunakan sebagai bahan campuran sebagian semen yangberasal dari daerah salido, padang sumatera barat. Abu Sekam Padi yang digunakan adalah 7%, 14%, 21% dan 28% dari berat semen dengan usia beton yang akan diuji kuat tekannya pada umur 7 hari, 14 hari dan 28 hari. Benda uji dibuat dengan komposisi campuran 1 semen: 2 pasir: 3 kerikil dan dengan kuat tekan rencana fc’25 Mpa untuk pembuatan beton normal selama 28 hari. Dari hasiluji menunjukan bahwa pasir dan kerikil yang digunakan telah memenuhi syarat yang ditentukan. Hasil kuat tekan pada beton dengan abu sekam padi menunjukan bahwa penambahan 7% dan 14% merupakan presentase yang optimal untuk meningkatkan kuat tekan beton dengan kuat tekan rata–rata33.301 Mpa dan 28.726 Mpa dan terus meningkat disetiap bertambahnya umur pengujian. Kata Kunci : Limbah Pertanian, Abu Sekam Padi, Beton Normal, Kuat Tekan Beton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 09 Feb 2023 04:23
Last Modified: 09 Feb 2023 04:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item