Wujud Partisipasi Masyarakat dalam Pemeliharaan Kawasan Cagar Budaya di Kawasan Seribu Rumah Gadang Kabupaten Solok Selatan

Septina, Anggraini and Ezra, Aditia and Harne, Julianti Tou (2018) Wujud Partisipasi Masyarakat dalam Pemeliharaan Kawasan Cagar Budaya di Kawasan Seribu Rumah Gadang Kabupaten Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
ABSTRAK.PDF

Download (766kB)
[img] Text
TA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Partisipasi masyarakat dalam melestarikan kawasan cagar budaya adalah salah satu prioritas yang harus tercapai dalam setiap kegiatan pemanfaatan cagar budaya. Upaya pelestarian yang dilakukan oleh masyarakat haruslah berdampak pada meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya keberadaan cagar budaya seperti benda cagar budaya, bangunan cagar budaya dan struktur cagar budaya karena masyarakatlah yang akan berperan aktif pemerintah hanya mengayomi serta mengawasi agar tidak keluar dari norma dan hukum yang berlaku tentang pelestarian yang semestinya. Dalam penelitian ini digunakan berbagai tinjauan teori atau tinjauan pustaka yang berkaitan dengan kriteria cagar budaya, pelestarian, tingkat partisipasi serta wujud partisipasi. Sedangkan untuk mencapai sebuah tujuan penelitian ini dugunakan tahapan analisis diantaranya membagi zona kawasan seribu rumah gadang, identifikasi cagar budaya diiantaranya benda cagar budaya, bangunan cagar budaya dan struktur cagar budaya berdasarkan Undangundang nomor 11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya, identifikasi karakteristik tingkat partisipasi masyarakat serta wujud partisipasi masyarakat dalam melestarikan kawasan cagar budaya. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat 8 zona yang dibagi atas Kaum/Suku pemilik rumah gadang, tingkat partisipasi masyarakat pemilik rumah gadang dan masyarakat bukan pemilik rumah gadang tergolong dalam katagori baik dengan hasil penilaian diatas 50% dengan wujud partisipasi masyarakat terhadap benda cagar budaya, bangunan cagar budaya dan struktur cagar budaya merupakan wujud partisipasi secara langsung dan partisipasi masyarakat terhadap lingkungan Kawasan Seribu Rumah Gadang dalam wujud bergotong royong atau kerja bakti dalam melestarikan Kawasan Seribu Rumah Gadang sebagai kawasan cagar budaya. Kata kunci: Cagar budaya, partisipasi masyarakat, pelestarian, wujud partisipasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:36
Last Modified: 24 Feb 2023 08:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11010

Actions (login required)

View Item View Item