PERSEPSI HAKIM DALAM MENILAI KETERANGAN AHLI DIGITAL FORENSIK PADA PEMERIKSAAN TINDAK PIDANA CYBER CRIME (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Padang)

Ade Putra, Nahason Sinaga and hendriko, arizal (2023) PERSEPSI HAKIM DALAM MENILAI KETERANGAN AHLI DIGITAL FORENSIK PADA PEMERIKSAAN TINDAK PIDANA CYBER CRIME (Studi Kasus Di Pengadilan Negeri Padang). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi 1 (Cover, Lembar Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi 2 BAB (Pendahuluan).pdf

Download (149kB)
[img] Text
Skripsi 3 (BAB Penutup Kesimpulan).pdf

Download (48kB)
[img] Text
Skripsi 4 (Daftar Kepustakaan).pdf

Download (35kB)
[img] Text
Skripsi 5 (Full Text).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembuktian perkara cyber crime sangat ditentukan oleh keterangan ahli saat menjelaskan bukti elektronik. Pengertian mengenai keterangan ahli terdapat pada Pasal 186 KUHAP. Salah satu contoh kasus penggunaan keterangan ahli dalam kasus cyber crime yaitu red notice Djoko Tjandra dalam kasus korupsi hak tagih Bank Bali. Telepon seluler tersangka disita agar dapat melihat percakapan whatsapp dan email. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah persepsi hakim dalam menilai keterangan ahli digital forensik pada pemeriksaan tindak pidana cyber crime? 2) Apakah kendala yang ditemui hakim dalam menilai keterangan ahli digital forensik pada pemeriksaan tindak pidana cyber crime? Penelitian ini menggunakan pendekatan hukum sosiologis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian: 1) Persepsi hakim dalam menilai keterangan ahli digital forensik pada pemeriksaan tindak pidana cyber crime yaitu, ahli harus memiliki salah satu kualifikasi yang ditentukan, kemudian nilai kekuatan pembuktian yang melekat pada keterangan ahli. 2) kendala yang ditemui hakim dalam menilai keterangan ahli digital forensik pada pemeriksaan tindak pidana cyber crime yaitu dipengaruhi oleh kendala internal dan kendala eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Hakim, Ahli Digital Forensik, Cyber Crime
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:51
Last Modified: 08 Mar 2023 01:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11703

Actions (login required)

View Item View Item