Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing pada Pembelajaran Matematika di Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau

Yani, Andriani and Khairudin, Khairudin and Yusri, Wahyuni (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing pada Pembelajaran Matematika di Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
8 Yani Andriani 1410013211037 Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
8 Yani Andriani 1410013211037 Abstrak.pdf

Download (243kB)
[img] Text
8 Yani Andriani 1410013211037 BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
8 Yani Andriani 1410013211037 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
8 Yani Andriani 1410013211037 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
8 Yani Andriani 1410013211037 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
8 Yani Andriani 1410013211037 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
8 Yani Andriani 1410013211037 Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa hal ini disebabkan oleh kurangnya keaktifan siswa dalam belajar. Selain itu, interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perkembangan aktivitas belajar matematika siswa selama diterapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing pada kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau. (2) Untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih baik darih asil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa di kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau. Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah Bagaimana perkembangan aktivitas belajar matematika siswa selama diterapkan strategi Active Knowledge Sharing di kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau ?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Sungai Limau tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari lima kelas. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XII IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XII IPA 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data dari aktivitas siswa yang menerapkan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, aktivitas siswa cenderung meningkat dari setiap pertemuan dan berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, dengan uji perbedaan rata-rata dengan taraf . diperoleh dan , berarti sehingga hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Sep 2020 02:59
Last Modified: 27 May 2021 04:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1174

Actions (login required)

View Item View Item