Relevansi Nilai Informasi Akuntansi, Intellectual Capital, Corporate Governance, Persistensi Laba dan Asimetri Informasi

Hutauruk, Claudya and Fitri Puspa, Dwi (2023) Relevansi Nilai Informasi Akuntansi, Intellectual Capital, Corporate Governance, Persistensi Laba dan Asimetri Informasi. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1.pdf

Download (540kB)
[img] Text
File 2.pdf

Download (182kB)
[img] Text
File 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Relevansi nilai informasi akuntansi adalah kemampuan informasi akuntansi untuk menjelaskan atau menggambarkan nilai - nilai perusahaan yang akan membantu pengguna informasi dalam memahami dan membuat keputusan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh intellectual capital, corporate governance (yang diukur dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dewan komisaris independen dan komite audit), persistensi laba dan asimetri informasi terhadap relevansi nilai (yang diukur dengan harga saham) pada perusahaan basic materials yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 – 2021. Dengan menggunakan metode purposive sampling, didapat sampel sebanyak 36 perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda menggunakan software eviews 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa book value per share, earning per share, intellectual capital, dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham. Kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham. Dewan komisaris independen, komite audit, persistensi laba dan asimetri informasi tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Akuntansi FEB
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:33
Last Modified: 10 Mar 2023 01:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12210

Actions (login required)

View Item View Item