PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 51 PERUMNAS KURANJI KOTA PADANG

Nisya Aulia, Al-Ghaffar and Risa, Yulisna (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 51 PERUMNAS KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover,halaman pengesahan,abstrak dan daftar isi NISYA.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN NISYA.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI NISYA AULIA.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 May 2023.

Download (5MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 51 PERUMNAS KURANJI KOTA PADANG Nisya Aulia Al-Ghaffar1, Risa Yulisna1, 1Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: nisyaaulia953@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia, dari 17 peserta didik kelas V hanya 7 orang peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 75 pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa di SD Negeri 51 Perumnas Kuranji Kota Padang masih rendah. Dari hasil observasi ditemukan bahwa pada pembelajaran Bahasa Indonesia masih ada peserta didik yang belum mampu membuat kesimpulan dari teks bacaan, peserta didik kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Disetiap siklus memiliki empat tahap yaitu penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan teori Somadayo (2020) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) yang diterapkan oleh Shoimin (2016). Berdasarkan analisis data, didapatkan pada siklus I dan siklus II hasil kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dan mencapai KKM, dibuktikan dengan dilakukannya tes siklus I dengan rata-rata nilai 81,76. Selanjutnya dilanjutkan dengan tes pada siklus II dengan rata-rata nilai 88,52. Sesuai dengan hasil pengamatan yang telah dilakukan oleh observer terdapat hasil persentase aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata 92,6, dan siklus II dengan rata-rata 96,8. Adapun persentase aktivitas siswa pada siklus I dengan rata-rata 84,37, dan siklus II dengan rata-rata 91,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 51 Perumnas Kuranji Kota Padang. Kata kunci: model CIRC, kemampuan membaca pemahaman siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:25
Last Modified: 10 Mar 2023 06:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12365

Actions (login required)

View Item View Item