ANALISA RENCANA ANGGARAN BIAYA PENGGUNAAN ALAT BERAT (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Teluk Tapang – Bunga Tanjung Pasaman Barat)

Eko, Rafiando and Eva, Rita and Veronika, Veronika (2023) ANALISA RENCANA ANGGARAN BIAYA PENGGUNAAN ALAT BERAT (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Teluk Tapang – Bunga Tanjung Pasaman Barat). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
file 1 ( cover, halaman pengesahan, halaman persetujuan, abstrak, daftar isi, pendahuluan).pdf

Download (866kB)
[img] Text
file 2 ( kesimpulan, saran dan daftar pustaka).pdf

Download (321kB)
[img] Text
file 3 ( full teks).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kesalahan dalam perencanaan perhitungan alat berat bisa mengakibatkan suatu proyek tidak efektif dan efesien. Keterlambatan suatu proyek dapat terjadi dan mengakibatkan penambahan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan jumlah alat berat, menghitung produktifitas pekerjaan dan menghitung RAB penggunaan alat berat. Maka dari itu kebutuhan alat berat untuk pekerjaan galian drainase dibutuhkan 1 unit excavator dan 1 unit dump truck, dst. Untuk Produktifitas pada pekerjaan galian drainase excavator 13,23 m3/jam dan dump truck 8,29 m3/jam, dst. Berdasarkan biaya operasional alat di dapat total biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan pada proyek Pembangunan Jalan Akses Pelabuhan Teluk Tapang-Bunga Tanjung sebesar Rp. 16.238.515.028,57.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:20
Last Modified: 14 Mar 2023 02:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12603

Actions (login required)

View Item View Item