Perancangan Alat Pendeteksi Kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Dengan Pengolahan Citra Digital Menggunakan Algoritma You Only Look Once (YOLO)

Ali, Munir Lubis and Ija, Darmana (2023) Perancangan Alat Pendeteksi Kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) Pada Pekerja Dengan Pengolahan Citra Digital Menggunakan Algoritma You Only Look Once (YOLO). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover - pendahuluan Ali ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan-Daftar Pustaka Ali.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Skripsi Ali Munir Ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

APD merupakan alat yang digunakan oleh tenaga kerja untuk melindungi seluruh tubuh atau sebagian tubuh terhadap kemungkinan adanya potensi bahaya atau kecelakaan kerja. Setiap pekerjaan selalu mengandung potensi resiko bahaya dalam bentuk kecelakaan kerja. Sebelum tahun 2014 ada peningkatan jumlah kasus kecelakaan akibat kerja dari 9.891 menjadi 35.917 kasus kecelakaan kerja. Tahun 2010 Jamsostek mencatat terjadi kasus kecelakaan kerja sebanyak 98.711 kasus.Berdasarkan hasil studi didapatkan data jumlah karyawan tenaga kerja sebesar 135 karyawan pekerja yang tidak mematuhi penggunaan APD menunjukkan 78% atau 105 karyawan dari 135 karyawan, dan 22% atau 30 karyawan dari 135 karyawan yang mematuhi penggunaan APD sesuai aturan. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan kesadaran pekerja untuk menggunakan APD adalah dengan membuat suatu sistem dapat mendeteksi kelengkapan APD seorang pekerja, sehingga pekerja tidak dapat memasuki area pabrik apabila tidak menggunakan APD lengkap Kamera merupakan suatu sensor yang dapat digunakan untuk menangkap gambar untuk dapat diolah oleh komputer sehingga dapat mendeteksi pekerja yang tidak menggunakan APD lengkap. Algoritma yang akan digunakan untuk dapat mengenali objek adalah algoritma you only look once (YOLO). YOLO merupakan salah satu algoritma terbaik untuk dapat mengenali suatu objek dengan tingkat akurasi dan kecepatan proses yang tinggi. Nantinya sistem ini diharapkan dapat mendeteksi kelengkapan APD pekerja dengan keakuratan diatas 80% dan dapat meningkatkan kesadaran untuk menggunakan APD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Elektro
Depositing User: Teknik Elektro FTI
Date Deposited: 14 Mar 2023 07:56
Last Modified: 14 Mar 2023 07:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item