Penerapan Precedence Diagram Method dalam optimalisasi waktu pada perencanaan proyek rehabilitasi atau renovasi puskesmas Lembah Binuang Kabupaten Pasaman Barat

Rizki Kurniawan, Rizki kurniawan and Ir. Mufti Warman Hasan, M.Sc. RE, Mufti Warman Hasan and Indra Khaidir, ST, M.Sc, Indra Khaidir (2023) Penerapan Precedence Diagram Method dalam optimalisasi waktu pada perencanaan proyek rehabilitasi atau renovasi puskesmas Lembah Binuang Kabupaten Pasaman Barat. Other thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
FILE 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Precedence Diagram Method (PDM) merupakan jaringan kerja yang umumnya berbentuk segi empat, sedangkan anak panahnya hanya sebagai petunjuk kegiatan – kegiatan yang bersangkutan. Pada PDM sebuah kegiatan dapat dikerjakan tanpa menunggu kegiatan pendahulunya selesai 100%, pada metode PDM tidak memerlukan kegiatan fiktif sehingga pembuatan jaringan menjadi lebih sederhana dan hubungan overlapping yang berbeda dapat dibuat tanpa menambah kegiatan. Pada umumnya PDM terdiri dari 2 bagian yaitu perhitungan maju untuk menentukan Earlie Start (ES) dan Early Finish (EF), perhitungan mundur untuk menentukan Late Start (LS) dan Late Finish (LF). Berdasarkan analisa menggunakan Microsoft project pada proyek diperoleh lintasan kritis dengan durasi 98 hari kalender. Ketika diketahui jalur kritis maka efeknya akan mempengaruhi durasi penyelesaian akhir proyek tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 21 Mar 2023 01:22
Last Modified: 21 Mar 2023 01:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12853

Actions (login required)

View Item View Item