Vera, Anggraini and Rita, Desfitri and Niniwati, Niniwati (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PADANG PADA MATERI KUBUS DAN BALOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (607kB) |
|
Text
ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kemampuan siswa yang belum dapat memahamikonsep dan prosedur dalam penyelesaian soal dengan baik. Siswa belum mampumengkaitkan materi yang sedang dipelajari dengan materi sebelumnya, serta belum mampu mengembangkan rumus yang ia pahami dalam bentuk berbeda. Akibatnya, siswasalah dalam menyelesaikan soalkhususnya soal cerita.Dari latihan kubus dan balok siswa tahun sebelumnya dan hasil ujianakhir semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 273 orang siswakelas VIII SMP Negeri 12 Padanghanya 41siswa yang mampu mencapai nilai KKM ≥75. Hal ini menunjukkan bahwa kurang berhasilnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika di kelas dikarenakan kemampuan koneksi matematis siswa yang masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada materi kubus dan balok, (2) mendeskripsikan kinerja siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan koneksi matematis siswa untuk masing- masing indikator, (3) mengetahui penyebab kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang dalam menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematis.Pertanyaan penelitian adalah(1) berapa persen siswa yang mampu menguasai keenam indikator kemampuan koneksi matematis?, (2) berapa persen siswa yang mencapai penguasaan koneksi matematis berdasarkan jumlah indikator yang diukur?, (3) apa penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada materi kubus dan balok? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi padapenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang pada tahunpelajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII.3 yang diambildengan teknik purposive sampling berdasarkan hasil diskusi penulis dengan guru mata pelajaran matematikakelas VIII SMP Negeri 12 Padang. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan koneksi matematis, dan wawancara kepada siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa sudah tergolong tinggi. Hal ini dilihat dari banyaknya siswa yang mampu menguasai 5 sampai 6 indikator koneksi matematis. Namun, penulis tidak menemukan satupun siswa yang mencapai nilai maksimal yaitu 100. Sehingga, dari hasil identifikasi penulis terhadap jawaban siswa, diperolehpenyebab utama siswa salah dalam menyelesaikan soal kemampuan koneksi matematis yaitu, siswa belum mampu menerjemahkan soal dengan baik, kurang teliti dalam menyelesaikan soal, mengabaikan beberapa langkah/ prosedur dalam menyelesaikan soal,dantidak mencantumkan satuan secara terstruktur. ii Dari hasil penelitian,peneliti memberikan saranagar selama proses pembelajaran guru melaksanakan pembelajaranyang lebih terarah dan bermakna, sehinggakemampuan koneksi matematis siswa lebih meningkatkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 06:11 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 06:11 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13113 |
Actions (login required)
View Item |