SUHATRI, MAHARANI and Gusmaweti, Gusmaweti and Rona, Taula Sari (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SMPN 1 TIGO NAGARI KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER.pdf Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20kB) |
|
Text
konstruktivisme.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian adalah peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa jenuh, Dalam proses pembelajaran 70% siswa tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran. Siswa lebih dominan berbicara dengan temannya dan hal ini juga mengganggu proses pembelajaran di kelas. Pada saat pembelajaran berlangsung, sebagian siswa fokus dengan handphone, Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar biologi SMPN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VII 7 kelas, penentuan kelas sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Untuk menentukan kelas kontrol dan eksperimen yaitu dengan random sehingga diperoleh kelas eksperimen adalah kelas VII G kelas kontrol VII F. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil belajar siswa setelah dilakukan tes akhir penelitian. Data dianalisis dengan menggunakan uji hipotesis, uji homogenitas dan uji normalitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata nilai domain kognitif kelas eksperimen 79,21 dan kelas kontrol 72,96. Didapatkan >(3,74>1,99) maka hipotesis H_1 diterima pada taraf (α = 0,05). Hasil belajar ranah afektif nilai rata-rata kelas eksperimen 79,84 dan kelas kontrol 72,43 Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pengaruh penerapan pembelajaran konstruktivisme sangat berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa VII SMPN 1 Tigo Nagari. Saran dari penulis untuk guru, Diharapkan kepada guru agar dapat memotivasi siswa dalam belajar, sehingga siswa aktif dalam belajar. Kata kunci: Pembelajaran Biologi, Pendekatan Konstruktivisme, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 09 May 2023 04:13 |
Last Modified: | 09 May 2023 04:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13440 |
Actions (login required)
View Item |