Analisis KemampuanBerpikir Kritis Siswa dalam Memahami dan Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMPN 2 Batang Anai

Dian, Febrina Putri and Susi, Herawati and NINIWATI, NINIWATI (2018) Analisis KemampuanBerpikir Kritis Siswa dalam Memahami dan Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMPN 2 Batang Anai. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai ini belum mampu mengembangkan kemampuan berpikirnya dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil ulangan dan cara siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan, dimana hasil ulangan siswa rendah dan dalam menyelesaikan tugas siswa tersebut hanya berpedoman kepada buku dan soal yang telah diberikan, sehingga apabila diberikan soal yang berbeda siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakannya. Dalam mengerjakan soal yang diberikan, siswa hanya menyelesaikan soal tersebut dengan satu cara , siswa tidak mencoba untuk menemukan alternatif penyelesaian sendiri karena siswa menganggap hasil yang didapatkan akan tetap sama. Cara belajar dan cara siswa dalam memahami materi seperti inilah yang menghambat siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya dalam menyelesaikan masalah sendiri masalah yang diberikan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Anai.Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dan terpilih kelas VIII.7 sebagai kelas sampel.Instrumen penelitian berupa tes tertulis dan wawancara. Pembahasan hasil tes dan wawancara menunjukkan bahwa pada hasil tes siswa masih melakukan kesalahan dalam menginterpretasi, menganalisis, mengavaluasi, mapun menginferensi hal ini terlihat pada jumlah siswa yang berada pada kategori rendah adalah 50% sedangkan pada saat wawancara sebagian siswa mampu dalam menjawab ataupun menyelesaikan masalah yang diberikan. Hal ini disebabkan karena dalam menginterpretasi siswa kurang tepat dalam menuliskan informasi bahkan ada juga yang tidak menuliskan sama sekali padahal mereka mengetahuinya sehingga tahap ini tidak ada, dalam melakukan perhitunganpun siswa masih melakukan kesalahan walaupun strategi yang digunakan sudah tepat, serta pada saat penulisan kesimpulanpun siswa masih ii menuliskan dengan tidak tepat walaupuun sesuai dengan konteks karena kesalahan pada tahap anlisis dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis masih kurang baik untuk menyelesaikan soal persamaan garis lurus yang diberikan. Dari hasil tes menunjukkan bahwa jumlah siswa yang berada pada tingkat kemampuan berpikir kritis rendah adalah 50% artinya setengah dari siswa masih belum mampu dalam melakukan tahap interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi, namun dari hasil wawancara, siswa sebagian sudah mampu dalam melakukan interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi akan tetapi semua itu masih tersimpan didalam fikiran mereka.Ini berarti siswa masih belum mampu menggunakan kekampuan berpikir kritisnya dengan baik dalam hal penulisan informasi, hasil atau kesimpulan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:08
Last Modified: 18 Jul 2023 07:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item View Item