PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWAKELAS VI SD NEGERI 12 TALUK KOTA PARIAMAN

Almasyrifa, Delia Putri and Rona, Taula Sari (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWAKELAS VI SD NEGERI 12 TALUK KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN ABSTRAK DAFTAR ISI DAN BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (792kB)
[img] Text
FULLTEXT SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD Negeri 12 Taluk Kota Pariaman, yang ini disebabkan tidak variasi guru dalam menggunakan metode pembelajaran saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Role Playing di kelas VI SD Negeri 12 Taluk Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan jumlah siswa 18 orang. Terdapat siswa laki-laki 8 orang dan 10 orang siswa perempuan kelas VI SD Negeri 12 Taluk kota Pariaman. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengalami peningkatan. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase sebesar 61,11% dengan rata-rata nilai hasil belajar 76,66 dan dan siklus II sebesar 88,88% dengan rata-rata nilai hasil belajar 84,72 atau mengalami peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 27,77%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas VI SD Negeri 12 Taluk Kota Pariaman. Saran dalam pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan metode Role Playing, siswa diharapkan aktif dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran melalui metode Role Playing, dapat dijadikan salah satu alternatif variasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, metode Pembelajaran Role Playing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Sep 2023 07:15
Last Modified: 01 Sep 2023 07:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item