PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KOTA PADANG TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH LEMBAGA PELATIHAN KERJA YARUKI LANGUAGE

Anesia Fadilah, Hsb and Yofiza, Media (2023) PELAKSANAAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KOTA PADANG TERHADAP WANPRESTASI YANG DILAKUKAN OLEH LEMBAGA PELATIHAN KERJA YARUKI LANGUAGE. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. cover, pengesahan, daftar isi, pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ii. kesimpulan saran dafpus anes.pdf

Download (406kB)
[img] Text
FULLTEXT ANESIA FH 19-136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketentuan tentang wanprestasi terdapat dalam Pasal 1238 KUHPerdata wanprestasi ialah keadaan dimana debitur berdasarkan surat perintah dinyatakan lalai atau berdasarkan akta sejenis atau didasarkan pada kuatnya perikatan itu sendiri yaitu jika lewatnya waktu yang ditentukan dalam perikatan menyebabkan debitur harus dianggap lalai. Rumusan masalah : 1) Bagaimanakah pelaksanaan peranan BPSK Kota Padang dalam hal terjadinya sengketa konsumen yang dilakukan oleh pelaku usaha? 2) Kendala apakah yang ditemui BPSK Kota Padang dalam menyelesaikan sengketa konsumen? 3) Bagaimanakah Upaya yang dilakukan BPSK dalam menangani wanprestasi yang dilakukan oleh lembaga Yaruki Language?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosio legal research. Data yang digunakan meliputi data primer dan data skunder. Data tersebut diperoleh melalui wawancara dan studi lapangan. Hasil Penelitian: 1) Pelaksanaan peranan penyelesaian sengketa di bpsk yang diutamakan dalam proses penyelesaian sengketa adalah musyawarah kekeluargaan. 2) Kendala di BPSK Kota Padang hampir tidak ada,karena hukum acara di BPSK Kota Padang jika penggugat tidak hadir dua kali berturut-turut, maka gugatannya akan digugurkan atau jika tergugat tidak hadir maka akan dikabulkan. 3) Upaya pertama yang dilakukan oleh BPSK yaitu dengan cara mediasi jika tercapai kesepakatan antara kedua belah pihak maka kasus harus berhenti, BPSK tetap mengeluarkan putusan dan menyertakan akta perdamaian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:32
Last Modified: 04 Sep 2023 02:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15615

Actions (login required)

View Item View Item