ANALISIS AISATSU DALAM HUBUNGAN PENUTUR DAN PETUTUR PADA ANIME BARAKAMON

Rini Herlina, Rini Herlina1 and Diana, Kartika and Syahrial, Syahrial (2016) ANALISIS AISATSU DALAM HUBUNGAN PENUTUR DAN PETUTUR PADA ANIME BARAKAMON. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
7. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini penulis membahas tentang analisis aisatsu dalam hubungan penutur dan petutur pada anime Barakamon. Kridalaksana (dalam Sudjianto 2004:118-119) mengungkapkan “ salam adalah kalimat minor berupa klausa atau bukan, bentuknya tetap, yang dipakai dalam pertemuan antara pembicara, memulai percakapan, minta diri dan sebagainya”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan aisatsu atau salam yang dikaitkan dengan hubungan power & solidarity yang ada pada anime Barakamon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah sumber lisan dari anime barakamon dan metode pengumpulan data menggunakan metode Library Research (teknik kepustakaan), metode simak dan metode catat. Teori yang penulis gunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini ialah teori Osamu Mizutani dan Nobuko Mizutani untuk teori aisatsu, teori Brown and Levinson dan Roger Brown and Albert Gilman untuk teori power & solidarity. Hubungan antara power & solidarity memunculkan 6 situasi tuturan. Hasil penelitian menunjukkan situasi tuturan mempunyai pengaruh yang cukup signifikan dalam menggunakan sebuah ujaran salam dalam kehidupan sehari-hari. Penulis menyimpulkan adanya penggunaan salam yang tidak ditemukan pada teori yang digunakan pada wilayah tertentu. Kata kunci: power (kekuasaan, kekuatan), solidarity (akrab/tidak akrab)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:38
Last Modified: 02 Feb 2024 06:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/18243

Actions (login required)

View Item View Item