UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) SISWA KELAS IV MADINAH SD IT NURUL IKHLAS PADANG

Diena, Putri Utami and Zulfa, Amrina (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELECTUALLY REPETITION (AIR) SISWA KELAS IV MADINAH SD IT NURUL IKHLAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (315kB)
[img] Text
skripsi diena puti utami full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran siswa pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran siswa menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition pada mata pelajaran matematika kelas IV Madinah SD IT Nurul Ikhlas Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data kemampuan penalaran siswa dilihat dari hasil tes kemampuan penalaran siswa sedangkan data aktivitas guru didapat dari hasil observasi aktivitas guru yang dilakukan oleh observer. Hasil observasi aktivitas guru memperoleh nilai 77,05% dengan kategori baik mengalami peningkatan pada siklus II 79,15% dengan kategori baik. Dilakukan tes kemampuan penalaran matematika siswa pada siklus I menunjukkan 58,82% (10 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai kriteria penilaian penalaran pada kategori tinggi, sedangkan pada siklus II diperoleh 76,48% (13 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai kriteria penilaian penalaran pada kategori tingggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan model pembelajaran Auditory intellectualy Repetition pada mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory intellectualy Repetition terbukti dapat meningkatkan kemampuan penalaran pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SD IT Nurul Ikhlas Padang. Oleh sebab itu disarankan agar guru dapat menggunakan model Auditory Intellectualy Repetition dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Kata kunci: Kemampuan_Penalaran, Model_Auditory_Intellectualy_Repetition, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:35
Last Modified: 21 Mar 2024 02:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19000

Actions (login required)

View Item View Item