IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI DESA TALUK KOTA PARIAMAN

Muhammad Abdi Kurnia, Abdi and Helmi Chandra SY, Helmi (2024) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN DANA DESA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA DI DESA TALUK KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 SKRIPSI MUHAMMAD ABDI KURNIA.pdf

Download (503kB)
[img] Text
FILE 2 SKRIPSI MUHAMMAD ABDI KURNIA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
FILE 3 SKRIPSI MUHAMMAD ABDI KURNIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014, Desa memiliki kewenangan mengelola dana desa. Desa Taluk merupakan salah satu desa di Kota Pariaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Implementasi Pengelolaan Dana desa Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 di Desa Taluk Kota Pariaman?, 2) Bagaimanakah Peran Pemerintahan Desa dalam Pengelolaan Dana Desa Berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 di Desa Taluk Kota Pariaman ?. Metode penelitian yang ini adalah penelitian yuridis empiris yang merupakan jenis penelitian hukum sosiologis dan dapat disebutkan dengan penelitian secara lapangan, yang mengkaji ketentun hukum yang berlaku serta yang telah terjadi didalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan maka, peneliti memperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1) Implementasi Pengelolaan Dana Desa meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban. 2) Peran Perangkat Desa dalam pengelolaan dana desadi desa Taluk sudah sesuai dengan peranaan yang disebutkan dalam Undang-undang dengan membuat dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Peraturan Desa tentang APBDesa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:40
Last Modified: 19 Mar 2024 06:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19013

Actions (login required)

View Item View Item