PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SD NEGERI 19 KOTO BALINGKA KAB. PASAMAN BARAT

Anifa, Ulya and Syafni, Gustina Sari (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS IV SD NEGERI 19 KOTO BALINGKA KAB. PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover, pengesahan, bab l.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab kesimpulan saran dan daftar rujukan.pdf

Download (430kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam belajar matematika kelas IV SD Negeri 19 Koto Balingka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 19 Koto Balingka, dengan melalui model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 2 siklus, dimana setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 19 Koto Balingka yang berjumlah sebanyak 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, dan lembar tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan Kemampuan Berpikir Peserta Didik Kelas IV SDN 19 Koto Balingka melalui Model Problem Based Learning dengan Persentase Kemampuan Berpikir Kritis pada Siklus I sebesar 42,86% sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 76,19%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 19 Koto Balingka. Penulis memberikan saran agar dapat menerapkan model Problem Based Learning pada proses pembelajaran matematika sehingga kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat meningkat. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Matematika, Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:43
Last Modified: 21 Mar 2024 06:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19030

Actions (login required)

View Item View Item