Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 48/II Padang Pelangas Jambi

Meilisa, Meilisa and Risa, Yulisna (2024) Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SD Negeri 48/II Padang Pelangas Jambi. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN ATAU PERSETUJUAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (513kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa yang disebabkan karena kurangnya keseriusan siswa dalam belajar, siswa terbiasa bebicara dan berinteraksi bersama teman dikelas dengan bahasa keseharian (bahasa daerah) sehingga pada saat belajar masih banyak siswa tidak menggunakan bahasa indonesia dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan keterampilan menulis siswa dalam mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang dikemukakan oleh Arikunto di SD N 48/II Padang Pelangas. Kajian teori dalam penelitian ini meliputi hakikat kemampuan menulis dan hakikat model PBL. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 34 orang. Instrument penelitian ini yaitu data observasi aktivitas guru, data observasi aktivitas siswa, dan lembar tes kemampuan menulis. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, pada setiap siklus dilakukan tes kemampuan menulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil observasi guru yang sangat signifikan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase skor siklus I hanya sebesar 68% dengan kriteria cukup. Meningkat pada siklus II menjadi 93% dengan kiteria baik sekali. Selanjutnya hasil observasi peserta didik menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase skor siklus I sebesar 70% dengan kriteria baik. Meningkat pada siklus II menjadi 86% dengan kriteria sangat baik. Adapun rata-rata hasil kemampuan menulis siswa pada siklus I ialah 51, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88. Kemampuan menulis siswa pada siklus I meningkat 37 poin pada siklus II. Adapun siswa yang tuntas yaitu sebanyak 20 (59%) siswa atau lebih dari setengah jumlah siswa. Sedangkan yang tidak tuntas yaitu sebanyak 14 (41%) siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Kata kunci : bahasa indonesia, kemampuan menulis, PBL

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:05
Last Modified: 21 Mar 2024 04:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item