ade irma, suryani and Erman, Har (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) DI SD ISLAM KHAIRA UMMAH KOTA PADANG. Diploma thesis, universitas bung hatta.
Text
daftar isii.docx Download (704kB) |
|
Text
bab 1&2.docx Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
Text
BAB 4 BAB 5.docx Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
|
Text
Skripsi FULL ade.docx Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV A pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan model pembelajaran project based learning di SD Islam Khaira Ummah Padang. Jenis penelitian yang di gunakan ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan dalam dua siklus. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IV A SD Islam Khaira Ummah Kota Padang. Yang berjumlah 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi proses guru dan soal tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 75,38 dengan nilai ketuntasan75,04% dan pada siklus dua rata-rata nilai hasil belajar siswa 84,19 dengan nilai ketuntasan 83,92%. Kenaikan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 8,85%%. Dari hasil belajar siswa yang diperoleh dapat di simpulkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A di SD Islam Khaira Ummah Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan guru menggunakan model project based learning pada materi IPA yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 22 Mar 2024 02:41 |
Last Modified: | 22 Mar 2024 02:41 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19557 |
Actions (login required)
View Item |