Geska, Wilantara and Desy, Aryanti and Nengah, Tela (2024) PERANCANGAN TEMPAT ISTIRAHAT DAN PELAYANAN (TIP) "MITRA" PADA JALAN NON TOL SUMBAR-KERINCI DI KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
|
Text
COVER, PRA KATA, PENGESAHAN, PERNYATAAN, DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (209kB) | Preview |
|
Text
FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
Abstract
Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) adalah fasilitas yang digunakan oleh pengguna jalan untuk beristirahat. TIP merupakan tempat istirahat yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum bagi pengguna jalan, sehingga baik pengemudi, penumpang maupun kendaraan dapat beristirahat sejenak. Jalan tol adalah jalan nasional yang mengharuskan penggunanya membayar dan merupakan bagian dari sistem jaringan jalan, sedangkan jalan bebas hambatan atau jalan raya adalah jalan umum untuk lalu lintas yang disertai pengendalian dan pembatasan. TIP di jalan non-tol juga dikenal sebagai tempat istirahat alternatif yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan dan mendorong pengembangan ekonomi lokal daerah setempat. Terdapat perbedaan antara jalan tol dan jalan non-tol, seperti jalan tol yang membutuhkan pembayaran, batas kecepatan yang berbeda, dan jenis kendaraan yang diperbolehkan masuk ke jalan tol. Saat ini di Indonesia belum ada peraturan khusus mengenai ketentuan TIP di jalan non tol. Pada jalan non tol Sumbar-Kerinci terdapat TIP Mitra yang merupakan tempat pemberhentian saat ini di Kabupaten Solok. Fasilitas utama dan pendukung TIP terdiri dari jalur keberangkatan, jalur kedatangan, tempat parkir, kantor pengelola, SPBU, fasilitas kesehatan, tempat ibadah, toilet, kantin, taman, dan lain-lain.Namun, hingga saat ini fasilitas TIP Mitra masih memiliki banyak kekurangan. Pada penelitian ini, permasalahan utama yang akan diselesaikan adalah mengenai fasilitas yang belum sesuai standar. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, studi literatur, studi preseden, dan analisis data tapak. perancangan ini bertujuan untuk menciptakan ruang pelayanan yang nyaman bagi pengunjung.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NA Architecture |
Divisions: | Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Arsitektur |
Depositing User: | Arsitektur FTSP |
Date Deposited: | 27 Mar 2024 01:31 |
Last Modified: | 27 Mar 2024 01:31 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20004 |
Actions (login required)
View Item |