PERLINDUNGAN HAK-HAK KONSUMEN PADA SITU KOFFIE DIKOTA PADANG

Muhammad Rifki, Rifki and Suamperi, Suamperi (2024) PERLINDUNGAN HAK-HAK KONSUMEN PADA SITU KOFFIE DIKOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Full Text.pdf

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya konsumsi kopi dan perubahan gaya hidup masyarakat menyebabkan mulai berkembangnya industri Coffee shop di Indonesia. Perkembangan warung kopi modern ini dapat terlihat di pusat-pusat perkotaan karena penduduk perkotaan memiliki sikap konsumtif yang lebih tinggi dibandingkan dengan penduduk pedesaan. Menurut ketentuan Pasal 1 Angka 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, yang dimaksud dengan Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menetapkan kepastian hukum untuk menawarkan perlindungan kepada pelanggan.Rumusan masalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan hak-hak konsumen dalam usaha kedai kopi Situ Koffie di kota padang ? (2) Apa sajakah kendala-kendala dalam pelaksanaan hak-hak konsumen di Situ Koffie? (3) Apa sajakah upaya yang dilakukan kedai Situ Koffie dalam mengatasi kendala yang terjadi dalam pemberian hak-hak konsumen ? Jenis penelitian yang digunakan yaitu yuridis sosiologis, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan studi dokumen, dianalisis secara kualitatif. (1) Pelaksanaan hak-hak konsumen yaitu berupa pemenuhan janji atau pemenuhan permintaan konsumen dalam waktu secapat mungkin, pemberian informasi yang lengkap pada konsumen mengenai pekerjaan yang telah diselesaikan, cakupan pekerjaan, dan upaya dalam penjaminan mutu dan kualitas produk dari menu. (2) kendala-kendala dalam pemenuhan hak-hak konsumen yang adalah pemenuhan kecepatan waktu, pemberian informasi yang kurang, cakupan pekerjaan, pelayanan, dan cita rasa yang kadang tidak sesuai. (3) Upaya-upaya yang dilakukan oleh pelaku usaha kedai kopi dalam mengatasi kendala yang terjadi yaitu, memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang atau jasa yang dilakukan, ganti rugi berupa pengembalian uang/perawatan kesehatan. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Hak Konsumen, Penyelesaian Sangketa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 28 Mar 2024 07:23
Last Modified: 28 Mar 2024 07:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20181

Actions (login required)

View Item View Item