Rice, Destri Yanti and MARSIS, MARSIS and Gusnetti, Gusnetti (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA N 1 UJUNG BATU KABUPATEN ROKAN HULU PROPINSI RIAU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
28. SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau.yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbedaan hasil belajar menulis cerpen antara kelas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan yang diajarkan dengan menggunakan metode ceramah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini (1) pengertian menulis yang dikemukakan oleh Semi (2003), (2) pengertian cerpen yang dikemukakan oleh Muhardi dan Hasanudin (1992), (3) unsur-unsur cerpen dikemukakan oleh Nurgiyantoro (2010), (4) model pembelajaran discovery learning dikemukakan oleh Mulyasa (2009). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 10,73 dan ttabel = 1,67, berarti thitung > ttabel, sehingga hasil belajar siswa yang diterapkan Model Discovery Learning lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak diterapkan Model Discovery Learning pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ujung Batu. Dapat disimpulkan bahwa Model discovery learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 1 Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Propinsi Riau. Kata Kunci : pembelajaran discovery learning, menulis cerpen, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:05 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:05 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20341 |
Actions (login required)
View Item |