PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULISCERPENSISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MODELPROBLEM BASED INSTRUCTION(PBI) DI SMAN 1 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT

Miftahul, Hayati and Yetty, Morelent and Romi, Isnanda (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULISCERPENSISWA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN MODELPROBLEM BASED INSTRUCTION(PBI) DI SMAN 1 LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Miftahul.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa kelas X.3 SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dalam menulis cerpen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X.3 dengan menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) di SMAN 1 Lembah Melintang. Teori yang digunakan dalam penelitian, yaitu teori yang dikemukakan oleh: (1) Arikunto (2012) tentang penelitian tindakan kelas, (2) Semi (2009) dan Tarigan (2005) tentang keterampilan menulis, (3) Widjojoko dan Endang (2006), dan Jingga GM (2012) tentang cerpen, dan (4) Istarani (2011) tentang model pembelajaran PBI. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi guru dan siswa, tes tertulis, serta catatan lapangan. Sebelum diadakan penelitian, dari 41 orang siswa 19 orang tidak tuntas, dengan perolehan nilai rata-rata 46,34. Setelah diadakan penelitian pada siklus I, dapat diketahui: (1) rata-rata persentase untuk guru pada siklus I adalah sebesar 81% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%, (2) ratarata persentase untuk siswa pada siklus I adalah 83% dan meningkat pada siklus II menjadi 96%, (3) rata-rata hasil belajar keterampilan menulis cerpen siswa pada siklus I adalah 64,05 berada pada kualifikasi cukup, dan (4) rata-rata hasil belajar keterampilan menulis cerpen siswa pada siklus II adalah 86,32 berkualifikasi baik sekali. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X.3 SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Kata Kunci: Problem Based Instruction, Menulis Cerpen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 03 May 2024 08:16
Last Modified: 03 May 2024 08:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20369

Actions (login required)

View Item View Item