BENTUK TINDAK TUTUR LANGSUNG GURU DENGAN SISWA KELAS XI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA PGRI 1 PADANG

Yolla, Alvaritcsi and Yetty, Morelent and Syofiani, Syofiani (2015) BENTUK TINDAK TUTUR LANGSUNG GURU DENGAN SISWA KELAS XI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA DI SMA PGRI 1 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
YOLLA ALVARITCSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur guru dengan siswa kelas XI dalam proses belajar mengajar bahasa Indonesia di SMA PGRI Padang. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Chaer dan Agustina (2004), yaitu mengenai tindak tutur dan peristiwa tutur. Fokus penelitian adalah tindak tutur langsung dalam proses proses pembelajaran guru bahasa Indonesia SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan langkah merekam dan mentranskripsikan data melalui tulisan, kemudian menganalisis data dengan langkah mengelompokkan tindak tutur langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur langsung berjumlah 106 data. 64 data berupa kalimat berita yang difungsikan secara konvensional untuk mengatakan sesuatu, 20 data berupa kalimat tanya yang difungsikan secara konvensional untuk bertanya, dan 14 data berupa kalimat perintah yang difungsikan secara konvensional untuk memohon, mengajak, dan menyuruh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindak tutur yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia SMA PGRI 1 Padang pada proses belajar mengajar adalah bentuk tindak tutur langsung. Kata Kunci: Tindak Tutur Guru Siswa dalam Proses Belajar Mengajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 29 May 2024 07:54
Last Modified: 29 May 2024 07:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/20517

Actions (login required)

View Item View Item